Rabu, 15 Januari 2014

Pelayanan Radiologi

   Radiologi diagnostik mencakup uji diagnostik yang menggunakan berbagai modalitias pencitraan seperti sinar x, tomografi komputer (CT), pencitraan resonansi magnetik (MRI), suara ultra, densitometri mineral tulang (BMD), angiografi, kedokteran nuklear dan tomografi emisi positron (PET) untuk membantu membuat diagnosis penyakit. Kami juga melakukan uji kardiak bukan invasi seperti elektrokardiogram (ECG) dan echokardiogram.
   Radiologi terapeutik terdiri atas prosedur intervensi seperti angioplasti dan pembidaian, prosedur penyaliran, terapi yttrium di mana kondisi kesehatan diobati tanpa pembedahan dan dengan bantuan peralatan radiografi.
berikut ini adalah jenis pelayanan kesehatan yang ada di radiologi : 
1. Radiodiagnostik : merupakan salah satu cabang ilmu radiologi yang memanfaatkan sinar pengion untuk membantu diagnosa dalam bentukfoto yang didokumentasikan.
2. Radioterapi : merupakan salah satu terapi penyakit terutama untuk penyakit seperti tumor yang mengalami keganasan dengan sinar radioaktif.
3. Kedokteran Nuklir : merupakan bidang kedokteran yang memanfaatkan materi radioaktif untuk menegaskan diagnosa dan mengobati penderita serta mempelajari penyakit manusia.
4. USG : ultrasonografi merupakan penggunaaan gelombang suara frekuensi tinggi untuk membantu diagnosa.
5. MRI : merupakan teknik diagnosa yang memanfaatkan medanmagnet dan gelombang frekuensi radio. Pemeriksaan ini tidak menimbulkan radiasi ionisasi, dan dapat diperoleh hasil berupa penampang dari berbagai arah.

0 komentar:

Posting Komentar